La beneamata

Pray, Play, Work, Eat, Love

SISTEM RANGKA DAN OTOT MANUSIA

Ayu Puspo Kirono, M. Anindra Rezali Hadi

Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Kampus E Universitas Gunadarma JL. Akses UI, Kelapa Dua, Depok

Telp: (021) 8727541 Ext: 401

E-mail: ayupuspokirono@yahoo.com, arezahadi_cute@yahoo.com

Abstrak

Para insinyur telah mendesain berbagai objek yang kita kagumi, baik mesin-mesin pabrik ataupun alat-alat berguna. Semua itu sebenarnya mencontoh konstruksi rangka dari tubuh. Gerakan tubuh dimungkinkan karena adanya kerjasama antara tulang dan otot. Modul sistem rangka dan otot manusia kali ini yaitu melakukan penelitian terhadap penjual gorengan keliling dengan menggunakan media kuesioner body map karena pekerjaan yang dilakukan oleh tukang gorengan ini tergolong berat untuk dilakukan. Diharapkan dalam penelitian ini dapat diketahui keluhan yang dihadapi pedagang gorengan terhadap rangka dan ototnya sehingga dapat dari penilitian ini dapat diusulkan perbaikan sistem kerjanya. Perumusan masalah yang terdapat dalam jurnal kali ini yaitu apa saja keluhan yang dirasakan pedagang gorengan dan penyakit yang akan timbul, apakah lama bekerja mempengaruhi keludan pekerja dan bagaimana perbaikan posisi kerja tukang gorengan. Dengan menggunakan pendekatan ilmu ergonomic yaitu sisitem kerangka dan otot manusia akan diketahui keluhan yang diahadapi, penyakit yang akan timbul, pengaruh lama bekerja dengan keluhan yang diahadapi dan membuat perbaikan kerja. Hasil pengamatan didiapat yaitu kegiatan pedagang ini berpotensi menimbulkan penyakit akibat kelelahan yang sangat berat. Penyakit yang mungkin timbul yaitu, fraktura ringan, rematik, dan varises. Frekuensi kerja yang berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama berdasarkan pengolahan data menggunakan SPSS tidak memiliki hubungan menyebabkan dengan keluhan yang dirasakan pedagang gorengan. Usulan yang dilakukan adalah menggunakan gerobak dorong akan lebih efisien dalam bekerja.

Kata kunci : Otot, Tulang, Pedagang gorengan, Keluhan

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pencarian

tentang blog

artikel-artikel umum ataupun yang melingkup teknik industri sampai dengan kejadian keseharianku. Semoga dapat memberikan informasi dan bahan literatur yang bisa dimanfaatkan bagi teman-teman teknik industri dan meningkatkan minat untuk selalu menulis

Tentang Diriku

Depok, Jawa Barat, Indonesia
Lahir di dunia pada tahun 1988 pada akhir bulan april dari ayah suku sasak lombok dan ibu dari suku jawa. Tumbuh dan berkemabng dengan keluarga yang bahagia d Lombok NTB. Dan saat ini melanjutkan studi di universitas Gunadarma berharap lulus dengan cepat untuk menjadi engginer.. hehhe Amin.

mini browser

Pengikut