La beneamata

Pray, Play, Work, Eat, Love

PERINGKAT KINERJA OPERATOR

(PERFORMANCE RATING)

JUNAIDI, M. ANINDRA REZALI H, NURDIANSYAH

Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Kampus E Universitas Gunadarma JL. Akses UI, Kelapa Dua, Depok

Telp: (021) 8727541 Ext: 401

E-mail: junaidi_jun@yahoo.com, nindra_kiera@yahoo.com, nurdiansyah_na2ng@yahoo.com

Abstrak

Membahas mengenai peringkat kinerja operator adalah mempelajari pengukuran waktu kerja. Kinerja seorang operator dapat diketahui dengan melakukan pengukuran waktu terhadap operator tersebut dalam menyelesaikan suatu produk. Mempelajari lebih dalam lagi mengenai peringkat kinerja operator maka dilakukan pengamatan terhadap operator perakitan gantungan manik-manik. Pengamatan ini dilakukan untuk mengetahui kinerja operator dalam melakukan perakitan gantungan manik-manik. Kinerja operator diketahui dengan mendapatkan waktu baku operator dalam menyelesaikan suatu produk berupa gantungan manik-manik. Dalam jurnal ini dibahas juga standar deviasi, batas kontrol, waktu siklus, waktu normal, waktu baku, dan output standar dari gantungan manik-manik. Berdasarkan perhitungan yang akan dilakukan dapat diketahui kinerja dari kedua operator, apakah tergolong dalam bekerja secara cepat, normal, ataupun lambat. Bedasarkan hasil pengolahan data dapat dilihat bahwa batas kontrol operator 1 adalah sebesar 124,31 detik untuk BKA dan 103,3 detik untuk BKB, sedangkan untuk operator 2 yaitu BKA sebesar 93.73 detik dan BKB sebesar 81.41detik. Pada uji kecukupan data operator 1 diperlukan pengamatan tambahan sebanyak 14 kali pengamatan, sedangkan pada operator kedua pengamatan sebanyak 30 kali sudah cukup untuk memenuhi tingkat ketelitian 5% dan tingkat keyakinan 95%. Waktu baku yang dihasilkan oleh kedua operator adalah 0,029 jam untuk operator 1 dan 0,017 jam untuk operator 2. Dari hasil pengolahan data dapat diartikan bahwa kinerja operator 2 lebih baik dari operator 1, ini dapat dilihat dari data bahwa operator 1 menghasilkan 35 unit produk dalam waktu 1 jam sedangkan operator 2 menghasilkan 59 unit produk dalam waktu 1 jam dengan jumlah penyesuaian untuk masing-masing adalah sebesar 1 untuk operator 1 dan 1,2 untuk operator 2. Berdasarkan pengukuran waktu terhadap kedua rater maka dapat dikatakan bahwa kedua rater belum bekerja secara maksimal karena persen error kedua rater melebihi persen tingkat ketelitian sebesar 5%.

Kata kunci : Kinerja Operator, Kinerja Rater, Gantungan Manik-Manik

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pencarian

tentang blog

artikel-artikel umum ataupun yang melingkup teknik industri sampai dengan kejadian keseharianku. Semoga dapat memberikan informasi dan bahan literatur yang bisa dimanfaatkan bagi teman-teman teknik industri dan meningkatkan minat untuk selalu menulis

Tentang Diriku

Depok, Jawa Barat, Indonesia
Lahir di dunia pada tahun 1988 pada akhir bulan april dari ayah suku sasak lombok dan ibu dari suku jawa. Tumbuh dan berkemabng dengan keluarga yang bahagia d Lombok NTB. Dan saat ini melanjutkan studi di universitas Gunadarma berharap lulus dengan cepat untuk menjadi engginer.. hehhe Amin.

mini browser

Pengikut