La beneamata

Pray, Play, Work, Eat, Love

ANTROPOMETRI

Ayu Puspo Kirono, M. Anindra Rezali Hadi

Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Kampus E Universitas Gunadarma JL. Akses UI, Kelapa Dua, Depok

Telp: (021) 8727541 Ext: 401

E-mail: ayupuspokirono@yahoo.com, nindra_kiera@yahoo.com

Abstrak

Antropometri adalah pengetahuan yang menyangkut pengukuran dimensi tubuh manusia dan karakteristik khusus lain dari tubuh yang relevan dengan perancangan alat-alat atau benda-benda yang digunakan manusia. Perumusan masalah yang terdapat dalam jurnal kali ini ingin mengetahui bagaimana merancang produk berupa lemari gantung alat tulis dengan menggunakan ilmu antropometri dan membuat produk tersebut dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Perumusan masalah yang terdapat dalam jurnal ini untuk mencapai beberapa tujuan, yaitu merancang produk yang akan dibuat, mengetahui dimensi tubuh yang diperlukan untuk perancangan produk, dan membuat produk hasil rancangan. Produk yang dibuat kali ini merupakan penerapan ilmu antropometri yang berupa lemari gantung alat tulis. Perancangan lemari gantung alat tulis ini menggunakan beberapa dimensi tubuh. Dimensi tubuh yang digunakan yaitu, tinggi mata berdiri (Tmb), lebar bahu (Lb), pangkal ke tangan (Pkt), panjang jari 1(Pj1), panjang jari 2(Pj2), panjang jari 3(pj3), dan panjang lengan bawah (Plb). Tipe perancangan yang dipilih pada saat merancang produk ini menggunakan tipe perancangan ekstrim dengan persentil yang digunakan sebesar 95, diharapkan 95% dari populasi yang ada dapat menggunakan produk ini dan untuk posisi penempatannya menggunakan persentil 50. Lemari gantung alat tulis ini berfungsi sebagai alat penyimpanan alat-alat tulis sehingga bisa tertata rapi dan tersimpan dengan aman. Bentuk dari lemari gantung alat tulis ini adalah memiliki 6 rak kecil tempat penyimpanan, memiliki 3 kotak sebagai tempat pulpen, pensil, dan spidol. Selain itu juga memiliki sekat atas sebagai tempat penyimpanan penggaris dan lain sebagainya. Kelebihan dari produk lemari gantung alat tulis ini adalah memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam menyimpan alat tulis sehingga tertata rapi dan tidak mudah hilang. Sedangkan kekurangan dari produk lemari gantung alat tulis ini adalah ukuran dari benda yang bisa disimpan pada produk ini terbatas, serta kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Kata kunci : Antropometri, Persentil,Lemari Gantung Alat Tulis.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pencarian

tentang blog

artikel-artikel umum ataupun yang melingkup teknik industri sampai dengan kejadian keseharianku. Semoga dapat memberikan informasi dan bahan literatur yang bisa dimanfaatkan bagi teman-teman teknik industri dan meningkatkan minat untuk selalu menulis

Tentang Diriku

Depok, Jawa Barat, Indonesia
Lahir di dunia pada tahun 1988 pada akhir bulan april dari ayah suku sasak lombok dan ibu dari suku jawa. Tumbuh dan berkemabng dengan keluarga yang bahagia d Lombok NTB. Dan saat ini melanjutkan studi di universitas Gunadarma berharap lulus dengan cepat untuk menjadi engginer.. hehhe Amin.

mini browser

Pengikut